Binterjet.com – Hai sobat Binterjet, sudahkah kalian tahu tentang apa itu mesin printer UV dan kegunaanya? Kali ini Binterjet akan coba memberi gambaran pada kalian tentang mesin yang sedang booming ini. Mesin printer UV adalah mesin printing yang menggunakan sinar Ultra Violet (UV) untuk mengeringkan tinta print-nya. Titik-titik tinta dijatuhkan ke permukaan dan secara cepat langsung terkena sinar UV. Hampir semua jenis bahan bisa diprint dengan mesin printer UV ini, karena tinta UV bisa menempel hampir di semua permukaan, mulai dari permukaan datar seperti kertas, acrylic, kayu, vinyl, mika, kaca, kulit, plastik, aluminium,  hingga objek 3D seperti tumbler, mug, dan pena. Pada intinya, jika kamu dapat memasukkan bahan ke dalam mesin print UV tersebut, maka kamu dapat mencetaknya.

Mesin printer UV tersedia dalam model Flatbed dan roll to roll. Model Flatbed digunakan untuk mencetak material yang kaku atau padat seperti kayu, kaca dan akrilik. Cara pemakaiannya adalah bahan diletakan di atas ban berjalan kemudian melewati print head yang bergerak ke kiri dan ke kanan, yang dibantu dengan meja yang kokoh dan disedot dengan vacuum agar media yang dicetak tidak bergerak. Sementara itu model roll ro roll menggunakan media yang digulung dalam rol seperti mesin percetakan digital pada umumnya. Jika ingin mencetak objek 3D, kamu perlu model mesin UV yang rotary. Mesin printer UV ini biasa digunakan untuk mencetak beragam kebutuhan iklan atau advertising dengan media yang tahan dengan cuaca ekstrim sehingga awet dan tahan lama.

Saat ini banyak percetakan yang menggunakan mesin printer UV karena  bisa digunakan untuk jasa one stop printing. Proses pencetakannya juga hampir sama dengan printer pada umumnya, perbedaannya adalah pada tinta dan proses pengeringan dari tinta itu. Tinta UV memiliki keunggulan jika diprint ke suatu bahan, maka dia tidak bersifat mengikis permukaan bahan, sehingga menjadikan hasil printnya tidak berbau. Ini berbeda dengan tinta ecosolvent yang sifatnya mengikis permukaan bahan, sehingga jika dipasang untuk wallpaper di dalam ruangan mengakibatkan bau yang mengganggu. Jadi tunggu apalagi, buat kamu yang berencana membuka usaha digital printing, tentu mesin printer UV ini harus masuk list mesin yang perlu kamu miliki.

HYASIMA – UV6090CWV dan HYASIMA – RUV3545CWV

Binterjet sebagai penyedia mesin-mesin digital printing berkualitas dan terpercaya menyediakan beragam pilihan mesin printer UV yakni BJET iGO – UV, BJET RJ – 3200 – 2H – UV, HYASIMA – UV6090CWV, HYASIMA – RUV3545CWV, dan BJET R-UV 4Head Printer. Produk-produk Binterjet termasuk mesin printer UV sudah dilengkapi dengan garansi, training, dan after sales support, sehingga kamu tidak perlu khawatir. Jika artikel ini bermanfaat, jangan  lupa share ke teman-temanmu juga ya, semoga bisa menambah informasi dan referensi seputar digital printing.

Related Post

Leave a Comment

Find Offline Location

Headquarter Duren No. 148, Baturan, Karanganyar, Central Java, Indonesia

Branch Wiratno No. 7B, Dukuh Sutorejo, Surabaya, East Java, Indonesia

Branch Pilar Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, West Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia

Branch Ruko Bizz Park, Taman Kopo Indah 2 No. 17, Margaasih, Bandung, West Java, Indonesia

 

Official Marketplace

Marketing Whatsapp https://wa.link/acdbhv 

Sales@binterjet.com