Mengatasi Cutting Sticker

Solusi Untuk Mengatasi Cutting Sticker yang Tidak Sesuai Mark, Untuk kamu para pemilik usaha cutting sticker pasti pernah mengalami komplain pelanggan atas tidak presisi dan tidak rapinya sticker. Selain itu kamu pasti juga pernah mengalami kesusahan untuk mengkelupas stiker, sticker tidak presisi/posisinya miring, sticker tersebut tidak bisa menempel dengan sempuran.

Mengapa kamu bisa mengalami permasalahan tersebut? Kamu mungkin kurang teliti dan kurang fokus saat melakukan cutting sticker. Kamu mungkin kurang tepat dalam mengatur ketajaman atau kedalaman dari jarum mesin cutting. Yang terakhir mungkin kamu menggunakan settingan mesin cutting yang kurang benar.

Oleh karena itu, kamu perlu mengatasi permasalahan tersebut agar hasil dari sticker kamu tidak terlalu cacat. Untuk mengatasi permasalah tersebut memang memiliki berbagai macam caranya. Berikut ini solusi untuk mengatasi cutting sticker yang tidak sesuai mark.

Apa Itu Mesin Cutting

Mesin yang berguna untuk memotong bahan menjadi bentuk stiker yang kamu inginkan. Mesin ini didalamnya terdapat cutter/pisau pemotong yang dapat membantu dengan komputer dalam proses cutting. Bisanya cutting sering berguna untuk membuat sticker. Cutting sticker tersebut dapat kamu gunakan untuk stiker motor, mobil, mainan anak-anak, label produk, wall stiker, dll.

Bahan yang sering digunakan oleh mesin cutting

Berikut ini adalah beberapa bahan yang dapat kamu gunakan untuk melakukan cutting.

  • Polyflex, atau sering disebut heat transfer paper merupakan bahan untuk membuat sablon atau sticker yang terbuat dari bahan vinil.
  • Vinyl, merupakan bahan utama dalam membuat sticker yang memiliki lapisan mengkilap alias glossy.
  • Polyflock, merupakan bahan yang memilik tekstur beludu dan sedikit timbul.
  • Glitter, merupakan bahan yang memilik bentuk yang mengkilap dan akan menambah mewah dari sticker yang kamu buat.
  • Scotlite, merupakan bahan sticker yang dapat memantulkan cahaya lampu. Sehingga akan menambah aura keren dari sticker yang kamu buat.
  • Dry carbon, merupakan bahan sticker yang kurang cocok untuk kamu bentuk grafis. Tapi akan cocok untuk kamu cutting bentuk benda-benda.
  • Stiker biasa, merupakan bahan sticker yang umum orang gunakan untuk membuat sticker.

Masalah pada saat cutting sticker

Masalah yang sering kamu temukan dalam melakukan cutting sticker adalah adanya kecacatan dalam hasil cutting yang kamu lakukan. Kecacatan tersebut berupa susah untuk kamu lepas stickernya. Ketidak presisian dalam melakukan cutting sticker serta sticker yang tidak menempel dengan sempurna juga termasuk  kecacatan tersebut.

Faktor yang membuat hasil cutting sticker kurang optimal 

Terdapat faktor yang bisa menyebabkan hasil cutting tersebut kurang optimal. Berikut ini beberapa faktor yang membuat hasil dari cutting sticker kamu bisa kurang optimal.

  • Kamu kurang teliti & fokus dalam melakukan cutting sticker tersebut. Dengan kurang teliti dan fokus tersebut akan membuat kamu tidak tahu jika ada kesalahan saat mengcutting sticker.
  • Ketika kamu mengatur ketajaman atau kedalaman dari jarum mesin cutting kemungkinan kurang tepat. Kurang tepatnya saat mengatur jarum tersebut akan membuat kesalahan dalam cutting. Karena akan ada sticker yang mungkin tidak terpotong dengan maksimal atau kurang persisi.
  • Saat kamu dengan melakukan settingan dari mesin cutting kemungkinan kurang benar. Ketika saat kamu mengatur settingan mesin cutting dengan kurang benar karena kemungkinan akan kurang presisi.

Solusinya agar hasil cutting sticker menjadi optimal

Berikut ini adalah solusi hasil cutting dari sticker kamu kurang optimal.

  • Pertama, ketika kamu akan melakukan cutting harus fokus dan lebih teliti. Karena saat kamu memulai proses cutting tidak bisa dapat gangguan.
  • Kamu juga harus tetap menjaga kebersihan pada mesin cutting. Hal tersebut agar mesin cutting kamu tidak mengalami kerusakan yang akan membuat hasil cutting kurang optimal. Oleh sebab itu, sarankan untuk kamu selalu mengecek mesin cutting.
  • Kamu juga harus melakukan pengecekan secara berkala pisau cutting. Hal tersebut agar kamu bisa mengetahu pisau cutting tersebut tumpul atau tidak. Selain itu, kamu juga harus mempastikan bahwa pisau cutting tersebut terpasang dengan baik dan perhatikan mata pisau cutting agar tidak terlalu keluar. Jika kamu ingin aman, dapat melakukan test cut terlebih dahulu atau trial
  • Kamu dapat menyesuaikan speed cutting mesin tersebut dengan desain. Jika desain yang ingin kamu cutting rumit usahakan speednya kamu atur rendah. Lalu jika desain besar dan tidak terlalu rumit kamu dapat menggunakan speed yang termasuk sedang.

Baca Juga: Memilih Jasah Maintenance Dan Perbaikan Yang Handal Mesin Digital Printing 

Penutup

Itulah solusi untuk mengatasi cutting sticker yang tidak sesuai mark. Solusi tersebut dapat berguna bagi kamu para pebisnis sticker yang sedang mengalami masalah kecacatan ketika melakukan cutting. Sehingga sticker yang akan kamu buat akan memiliki kualitas yang optimal dan nantinya tidak akan dikomplan.

Related Post

Leave a Comment

Find Offline Location

Headquarter Duren No. 148, Baturan, Karanganyar, Central Java, Indonesia

Branch Wiratno No. 7B, Dukuh Sutorejo, Surabaya, East Java, Indonesia

Branch Pilar Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, West Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia

Branch Ruko Bizz Park, Taman Kopo Indah 2 No. 17, Margaasih, Bandung, West Java, Indonesia

 

Official Marketplace

Sales@binterjet.com