Binterjet.com – Hai Binterpreneurs, kini sablon DTG (Direct to Garment) atau mencetak langsung di kain dengan tinta khusus menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati dalam pembuatan sablon kaos atau produk-produk lain seperti jaket, hoodie, tote bag dan kemeja. Hal ini tidak terlepas dari berbagai keunggulan mesin sablon DTG, seperti dapat mencetak gambar atau desain yang rumit dan kompleks, fullcolor, beresolusi tinggi dan bisa cetak satuan sehingga tidak memakan waktu. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan sablon DTG, yang semoga bisa menjadi gambaran sobat yang akan membeli mesin ini untuk usaha.

sablon dtg
sablon dtg

Kelebihan sablon DTG:

  1. Hasil cetakan lebih bagus, tajam, terang dan halus karena mesin sablon DTG bisa mencetak gambar atau desain yang rumit dan fullcolor. Jika ada warna yang kurang terang atau gambar kurang tajam, perbaikan bisa dilakukan dengan mudah menggunakan software photo editing yang ada di komputer, sehingga kesalahan cetak bisa diminimalisir.
  2. Hasil print DTG tidak mudah luntur karena memakai tinta khusus garment yang terkenal dengan kualitasnya yang bagus. Tinta yang digunakan berbasis air sehingga kemampuan penyerapannya tinggi, sehingga hasil cetakan bisa meresap sempurna dan permukaan sablonan terasa halus seperti kain itu sendiri. Hasil print ini juga awet karena tinta akan menempel ke serat kain secara permanen serta tidak mudah rusak jika disetrika.
  3. Karena hasil sablon DTG memiliki kualitas terbaik, maka banyak pengusaha t-shirt atau distro baik lokal maupun internasional menggunakan printer DTG untuk sablon kaos, sehingga bisa menjadi peluang bisnis kamu.
  4. Mesin sablon DTG mampu mencetak desain untuk kaos berukuran A4 maupun A3. Kamu juga bisa mencetak desain yang bergradasi, fullcolor, 3 dimensi dan yang lainnya. Selain itu kamu tidak tidak perlu menggunakan transfer paper seperti jika menggunakan teknik sablon manual. Transfer paper ini cukup mahal harganya, sehingga biaya produksi menjadi lebih besar, akibatnya keuntungan jadi lebih kecil atau harga sablon kamu jadi lebih mahal.
  5. Dapat mencetak desain kaos dengan jumlah kecil atau satuan dan cepat (tidak ada batasan order). Ini cocok untuk kamu yang memiliki banyak desain yang ingin dicetak sesuai keinginan. Proses sablon yang lebih simpel juga membuat waktu pengerjaan menjadi lebih cepat. Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pengusaha sablon adalah proses penyablonan yang memakan waktu berhari-hari. Masalah ini bisa kamu atasi dengan beralih ke mesin sablon DTG yang pengerjaannya bahkan hanya dalam hitungan menit. Efisiensi seperti ini tentu tidak hanya menguntungkan pengusaha tapi juga customer yang memiliki kebutuhan sablon mendesak atau deadline-nya mepet.

Meski begitu, sablon DTG juga memiliki kekurangan yakni:

  1. Jika kamu ingin mencetak dalam partai besar atau jumlah banyak, maka proses pengerjaan dengan mesin printer DTG ini jauh lebih lama ditambah adanya jeda, sehingga produksi cenederung lebih mahal dibandingkan sablon manual yang memang dibuat untuk produksi dalam jumlah banyak. Selain itu metode ini memerlukan tambahan tinta putih yang relatif mahal, sehingga ongkos produksi juga tinggi.
  2. Tidak seperti sablon manual yang bisa menggunakan banyak variasi seperti glow in dark (menyala dalam kegelapan) atau sablon dengan permukaan yang timbul sehingga tampak lebih menonjol di mata, sablon DTG hasilnya tidak sebagus sablon manual untuk varian itu. Sablon DTG hanya dapat mencetak desain yang full color pada kaos dan tidak bisa ada variasi tambahan.
  3. Tidak semua bahan kaos cocok digunakan untuk sablon dengan metode DTG, seperti bahan kanvas dan wol. Sebaiknya kamu menggunakan bahan katun untuk mencetak dengan mesin printer DTG agar hasilnya lebih maksimal.
  4. Jika kamu tidak merawat mesin printer DTG dengan baik maka mesinnya akan cepat rusak atau bermasalah. Printer yang tidak digunakan dalam waktu yang lama pun akan bermasalah. Berhubung teknik DTG ini menggunakan mesin, tentu ada kapasitas tertentu jika kamu ingin mencetak jumlah banyak dalam satu waktu. Karena bila dipaksakan, hasil cetak dikhawatirkan menjadi kurang maksimal dan menimbulkan kerusakan pada mesin.

Binterjet sebagai penyedia mesin-mesin digital printing berkualitas dan terpercaya menyediakan beragam pilihan mesin sablon DTG atau mesin printer DTG yakni HYASIMA – DTG7545, HYASIMA – DTG3545 XP600m, dan HYASIMA – DTG3545 4720,. Produk-produk Binterjet sudah dilengkapi dengan garansi, training, dan after sales support, sehingga kamu tidak perlu khawatir dalam berinvestasi.

Related Post

Leave a Comment

Find Offline Location

Headquarter Duren No. 148, Baturan, Karanganyar, Central Java, Indonesia

Branch Wiratno No. 7B, Dukuh Sutorejo, Surabaya, East Java, Indonesia

Branch Pilar Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, West Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia

Branch Ruko Bizz Park, Taman Kopo Indah 2 No. 17, Margaasih, Bandung, West Java, Indonesia

 

Official Marketplace

Sales@binterjet.com