Binterjet.com – Hai Binterpreneur, bagi kamu yang baru dalam dunia digital printing atau desain grafis, tentu kurang familiar dengan mesin cutting plotter. Untuk penyebutan, ada yang menyebut mesin ini dengan mesin cutting sticker, mesin vinyl cutter, dan alat pemotong sticker. Mesin cutting plotter adalah peralatan yang paling penting bagi kamu yang ingin membuka usaha toko sticker atau membuka jasa cutting sticker.

Lalu, bagaimana cara kerja mesin cutting plotter?

Cara kerja mesin cutting plotter ini diawali dengan mendesain pola yang akan dipotong oleh jarum mesin cutting di layar komputer. Ketika perintah diberikan komputer, maka pisau mesin cutting plotter ini akan bergerak, yang akan memotong bahan sticker di bawahnya. Mesin cutting sticker digunakan untuk memotong bahan sticker seperti Vinyl, Polyflex, Polyflock, Glitter, Scotlite, dan sticker biasa. Bahan ini sudah dijepit sehingga tidak lepas.

Untuk memotong ke kanan dan ke kiri, maka holder blade akan bergerak ke kanan dan ke kiri. Sementara untuk memotong atas dan bawah, roller atau batangan pemutar yang akan bergerak. Saat memotong bentuk lingkaran misalnya, maka baik roller atau holder blade akan sama-sama bergerak. Mesin cutting plotter juga memiliki  roda penjepit bahan, yang gunanya untuk menjepit bahan cutting sticker agar menempel dengan kuat di permukaan mesin. Mesin pisau yang digunakan juga adalah pisau khusus.

Mesin cutting sticker juga dilengkapi monitor kecil dan tombol pengatur. Fungsi tombol pengatur adalah untuk mengatur posisi pisau cutting dan menggerakkan bahan sticker ke atas dan ke bawah. Monitor ini ada yang manual dan ada pula yang touch screen.

 

Mengapa kamu butuh mesin cutting plotter?

Jawabannya sederhana, untuk membantu memudahkanmu memotong bahan sticker dengan ukuran yang sangat presisi. Mesin cutting plotter dapat melakukan potongan yang  tidak mampu dilakukan tangan atau secara manual. Hal lain misalnya jika customer memesan hingga ratusan lembar sticker, bisa dibayangkan jika itu dikerjakan dengan tangan atau cutter, tentu akan memakan waktu yang sangat lama dengan hasil yang tidak selalu bisa presisi.

 

Dengan menggunakan mesin cutting plotter, kamu akan lebih percaya diri dengan hasil potonganmu. Tak hanya hasilnya yang optimal, efisiensi waktu juga bisa kamu peroleh. Efisiensi ini yang akan meningkatkan produktivitasmu. Hasil potongan yang bagus tentu juga akan mendapat kepercayaan dari customer, sehingga kemungkinan besar akan mendapat repeat order dan meningkatkan omset produksi.

 

Jika kamu memiliki mesin cutting plotter, maka kamu bisa membuka usaha pembuatan stiker maupun cutting sticker. Usaha ini dikenal seperti tidak ada matinya karena hampir semua kemasan produk yang ada di sekitar kita membutuhkan stiker dan label. Banyaknya usaha-usaha rumahan di tengah situasi covid-19 juga menjadikan permintaan terhadap label kemasan atau packaging makanan dan obat-obatan semakin besar, yang tentu saja itu semua membutukan mesin cutting plotter. Dengan mesin cutting plotter, kamu juga bisa membuka jasa striping motor dan wrapping mobil. Dunia otomotif identik dengan desain dan seni, sehingga banyak kawula muda maupun anggota komunitas-komunitas motor dan mobil yang ingin mempercantik body motor maupun mobilnya dengan desain unik yang mereka sukai.

Mesin cutting plotter Binterjet memiliki berbagai keunggulan. Mesin ini sudah menggunakan camera auto contour, yang cara kerjanya sangatlah mudah dan sederhana. Bahan yang sudah dicetak akan otomatis terdeteksi oleh sensor camera, lain dengan mesin cutting biasa yang masih terdeteksi dengan sensor infrared. Dengan menggunakan software khusus untuk contour cut, mesin ini bisa memotong bahan yang sudah diprint dengan kecepatan 600 mm/detik sampai 700 mm/detik. Mesin ini juga mampu memotong 4-5 meter lebih, dengan mempertahankan presisinya. Ada berbagai tipe mesin cutting sticker Binterjet yang bisa kamu miliki yakni BJET iCUT X7, BJET iCUT D7, BJET iCUT V12, dan BJET iCUT A3+.

BJET iCUT D7

BJET iCUT X7

BJET iCUT A3+

 

Produk-produk Binterjet termasuk mesin cutting plotter sudah dilengkapi dengan garansi, training, dan after sales support, sehingga kamu tidak perlu khawatir dalam berinvestasi. Silakan Hubungi Binterjet jika kamu memiliki pertanyaan mengenai mesin yang ingin kamu ketahui lebih lanjut.

Related Post

Leave a Comment

Find Offline Location

Headquarter Duren No. 148, Baturan, Karanganyar, Central Java, Indonesia

Branch Wiratno No. 7B, Dukuh Sutorejo, Surabaya, East Java, Indonesia

Branch Pilar Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, West Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia

Branch Ruko Bizz Park, Taman Kopo Indah 2 No. 17, Margaasih, Bandung, West Java, Indonesia

 

Official Marketplace

Marketing Whatsapp https://wa.link/acdbhv 

Sales@binterjet.com