Cara Operasikan Mesin Cutting

Cara Operasikan Mesin Cutting Cuma 5 Menit, Saat ini memang banyak orang yang sedang memulai bisnis sablon, baik sablon kaos atau cetak stiker. Kamu juga Akan memelukan alat yang akan membantu proses produksimu. Alat tersebut memang banyak macamnya yang akan kamu temukan. Jika kamu memang fokus usaha ke sablon dan cetak stiker, maka kamu harus mengenal mesin cutting yang berperan penting untuk usaha kamu.

Namun, dalam menggunakan mesin cutting masih banyak pebisnis sablon terutama bagi pemula yang masih kesulitan bahkan malah merusak mesinnya. Oleh karena itu kamu perlu menggunakan mesin cutting yang mudah dalam menggunakannya. Mesin cutting itu adalah mesin cutting BJET iCUT yang dalam mengoperasikan mesinnya hanya 5 menit saja. Berikut ini cara operasikan mesin cutting cuma 5 menit.

Mari Simak Cara Operasikan Mesin Cutting

Fungsi Mesin Cutting

Mesin cutting memiliki fungsi untuk memotong bahan seperti transfer paper menjadi bentuk potongan yang kamu inginkan. Mesin ini juga dapat melakukan proses contour cut, yaitu merupakan proses cuting outline sebuah gambar yang sudah tercetak dengan presisi sesuai dengan polanya.

Selain memiliki fungsi utama sebagai mesin pemotong, mesin cutting ini juga dapat kamu gunakan dalam memotong sticker dari bahan polyflex, foam, dan kertas. Kamu juga dapat menggunakan mesin cutting ini pada media lain seperti jaket, kaos, topi dan lain sebagainya.

Mesin cutting ini juga akan cocok bagi kamu yang memerlukan kebutuhan print and cut, bagi kamu yang memiliki usaha sablon kaos. Karena jika kamu menggunakan sablon transfer paper maka akan memerlukan proses cutting bahan tersebut. Hal tersebut agar kamu mendapatkan hasil yang bagus.

Persiapan Cutting

Sebelum kamu memulai proses cutting, kamu harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Sebagai berikut beberapa hal yang perlu kamu persiapkan.

  1. Pertama kamu perlu membuat gambar desain yang ingin kamu sablon (kamu dapat menggunakan Corel Draw).
  2. Setelah itu kamu siapkanlah bahan dengan jenis apapun yang ingin kamu sablon dan cutting.
  3. Kamu juga harus memiliki komputer yang sudah terinstal dengan software desain (seperti Corel Draw).
  4. Terakhir adalah kamu harus mempersiapkan alat-alat seperti gunting, pisau cutter dan penggaris. Alat tersebut untuk membantu proses cutting.

Langkah Dalam Menggunakan BJET iCUT

Berikut ini langkah – langkah dalam mengoperasikan mesin cutting BJET iCUT

  1. Pertama kamu harus mempersiapkan bahan yang sudah diprint beserta transition marknya.
  2. Lalu kamu harus persiapkan mesin cutting BJET iCUT, dengan cara kamu nyalakan tombol powernya.
  3. Jika anda belum yakin dengan keakuratannya, anda bisa setting kalibrasi kamera untuk memastikan tingkat presisi dari kamera yang akan membaca marknya.
  4. Setelah itu kamu pasang bahan tersebut pada mesin cutting BJET iCUT dan kamu jepit juga pada roda penjepit mesin cutting BJET iCUT.
  5. Lalu kamu masukkan file/USB yang ada file desain tersebut untuk di contour cut.
  6. Setelah itu, cari file yang sudah tereksport dengan format file plt.
  7. Lalu kamu dapat melakukan export file dari sign master pro. Setelah itu, kamu klik start, maka kamera BJET iCUT tersebut akan mencari sendiri transition mark pada setiap sisinya.
  8. Kamu juga dapat mengatur force dan speed dari BJET iCUT tersebut, setelah itu kamu tinggal tunggu hingga proses cuttingnya selesai.

Hal-Hal yang Perlu Kamu Perhatikan 

Berikut ini hal yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan BJET iCUT. Kamu perlu memperhatikan hal ini agar proses cutting kamu berjalan lancar:

  1. Saat stiker kamu sudah siap untuk dicetak, kamu perlu memastikan bahwa posisinya sudah presisi dan jangan sampai poisinya miring. Karena jika bahan yang kamu letakkan posisinya miring, maka hasil dari cetakan kamu tidak akan sempurna. Sehingga hal tersebut akan mengakibatkan kamu memerlukan banyak bahan dan mengeluarkan biaya tambahan lagi.
  2. Saat kamu akan melakukan pembuangan dari bagian gambar yang bukan bagian dari desain kamu. Kamu harus perlu berhati-hati karena dapat membuat hasil cetak kamu akan menjadi tidak rapih dan berantakan. Memang proses pembungan bagian gambar ini harus penuh kesabaran tingkat tinggi.

Baca Juga: Mengenal Jenis – Jenis Mesin Digital Printing Dan Kegunaannya

Penutup

Memang jika kamu merupakan pebisnis sablon harus memerlukan berbagai macam alat sablon. Salah satu alat penting dalam dunia sablon adalah mesin cutting, yang untuk dapat memotong bahan seperti transfer paper menjadi bentuk potongan yang kamu inginkan untuk proses sablon. Mesin cutting memang banyak rupannya dan kadang membuat para pebinis kesusahan dalam menggunakannya. Oleh karena itu kamu perlu menggunakan mesin cutting yang mudah digunakan, mesin cutting itu adalah BJET iCUT. Dengan kamu menggunakan mesin cutting BJET iCUT ini akan memangkas waktu produksi kamu dengan kemudahan dalam menggunakannya.

Related Post

Leave a Comment

Find Offline Location

Headquarter Duren No. 148, Baturan, Karanganyar, Central Java, Indonesia

Branch Wiratno No. 7B, Dukuh Sutorejo, Surabaya, East Java, Indonesia

Branch Pilar Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, West Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia

Branch Ruko Bizz Park, Taman Kopo Indah 2 No. 17, Margaasih, Bandung, West Java, Indonesia

 

Copyright © 2021 Binterjet

Official Marketplace

Get In Touch

Marketing Whatsapp https://wa.link/acdbhv 

Sales@binterjet.com