pengertian cetak sublim

Binterjet.com – Hai Binterpreneurs! Pencetakan digital adalah pengganti yang bagus untuk cetak tradisional. Selama beberapa tahun terakhir, percetakan grafis dan industri percetakan tekstil telah mengadopsi metode digital printing. Alasan utama di balik perkembangan ke digital printing adalah peluang pencetakan yang dipersonalisasi, efisiensi biaya, dan fleksibilitas mesin. Industri percetakan tekstil mengganti teknik sablon tradisional mereka dengan metode pencetakan tekstil digital juga. Printing sublim atau pencetakan sublimasi adalah alternatif digital ideal yang menawarkan pencetakan beberapa warna, citra fotografi, dan pencetakan yang dipersonalisasi.

 

Printing sublim adalah pencetakan populer untuk mencetak pakaian berbahan polyesyer seperti kaos jersey, gamis dan hijab/kerudung. Kata sublimasi berasal dari bahasa Latin yang berarti “mengangkat atau meninggikan”. Sebagai istilah teknis, sublimasi digunakan untuk menggambarkan setiap proses perpindahan massa dimana transisi materi padat ke fase gasnya tanpa terlebih dahulu melewati fase cair perantara. Arti “mengangkat” relevan di sini karena transfer sublimasi selalu melibatkan uap.

Proses printing sublim dilakukan dengan mentransfer pewarna ke kertas transfer, yang kemudian dipindahkan ke benda atau kain yang dipanaskan dan diberi tekanan melalui mesin heat press (tekanan + panas). Setiap pakaian atau benda dengan dasar polyester atau lapisan polyester dapat dirancang dengan bantuan pencetakan sublimasi. Dengan tekanan dan panas, pewarna pada medium menyublim dan berubah menjadi gas, kemudian diserap oleh polyester untuk mencerminkan desain.

Kualitas terbaik dari pencetakan sublimasi adalah tidak luntur atau retak pada kain. Cetakan ini juga sangat ringan dan tidak memiliki tekstur yang kasar. Karena teknik ini menggunakan tinta peka panas, cetakan pada pakaian terlihat cerah bahkan setelah dicuci berkali-kali. Oleh sebab itulah pakaian olahraga seperti kaos jersey tim olahraga, pakaian renang, dan pakaian sepeda menggunakan metode ini. Sublimasi menggunakan proses dimana tinta menjadi bagian dari kain daripada menambahkan lapisan di atasnya. Ini menghasilkan transfer yang tak tertandingi dalam hal daya tahan.

Bukan hanya pakaian, hampir tidak ada batasan untuk pengaplikasian metode ini selama bahannya terbuat dari polyester atau sudah dilapisi dengannya. Selain kaos atau pakaian kerja yang dapat dicetak dengan logo klub atau nama perusahaan, metode ini juga berlaku untuk bantal, handuk, tas dan sebagainya, bahkan merchandise seperti sandal, mug, casing HP, gantungan kunci, cangkir, medali hingga skateboard.

Proses sublimasi sangat mirip dengan kertas transfer panas. Seperti kertas transfer panas, prosesnya melibatkan pencetakan desain ke selembar kertas khusus (kertas sublimasi) dan menekannya ke pakaian dengan mesin heat-press. Tinta sublimasi ketika dipanaskan berubah dari padat menjadi gas yang melekat pada kain polyester. Saat mendingin, ia kembali menjadi padat dan menjadi bagian permanen dari kain. Ini berarti bahwa desain yang kamu transfer tidak menambahkan lapisan tambahan di atasnya, jadi tidak ada perbedaan rasa antara gambar yang dicetak dan kain lainnya. Ini juga berarti bahwa transfernya sangat tahan lama, dan dalam kondisi normal, gambar yang kamu hasilkan akan bertahan sama lamanya dengan produk itu sendiri.

Bagi kamu yang berminat untuk usaha pakaian jersey, Binterjet sebagai penyedia mesin-mesin digital printing berkualitas dan terpercaya menyediakan beragam pilihan mesin sublim jersey yakni BJET iGO – 1X, BJET iGO – 1X Stabilo Sublim, BJET iGO – 2X, BJET iGO – 2X Stabilo Sublim, BJET iGO – 3200, BJET RJ – 3200 – 2H, BJET RJ – 3200 – 4H, BJET RJ – 3200 – 8H, dan BJET iGO – F4, Hubungi Marketing Binterjet untuk mengetahui lebih lanjut seputar mesin ini. Bagikan juga artikel ini jika kamu rasa bermanfaat, semoga bisa menambah referensi seputar printing sublim.

Related Post

Leave a Comment

Please rate

Find Offline Location

Headquarter Duren No. 148, Baturan, Karanganyar, Central Java, Indonesia

Branch Wiratno No. 7B, Dukuh Sutorejo, Surabaya, East Java, Indonesia

Branch Pilar Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, West Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia

Branch Ruko Bizz Park, Taman Kopo Indah 2 No. 17, Margaasih, Bandung, West Java, Indonesia

 

Official Marketplace

Sales@binterjet.com

Copyright © 2021 Binterjet

Developed by Lebahweb.com