Binterjet.com – Hai Binterpreneur! Teknik pencetakan sublimasi kini sedang banyak digunakan. Definisi sublimasi adalah ketika bahan padat berubah menjadi gas tanpa melalui tahap cair. Ini berarti bahwa karya seni dipindahkan ke objek dalam keadaan gas dengan menggunakan tekanan panas suhu tinggi (heatpress) selama proses pencetakan. Ini berbeda dari metode pencetakan tradisional karena melewati langkah cair. Tidak ada tinta yang mengering pada objek yang dicetak. Salah satu alasan dari banyak pelaku bisnis menggunakan teknik ini adalah banyaknya produk atau item yang bisa dicetak dengan menggunakan mesin sublim, seperti mesin sublim epson. Teknik ini juga diperkirakan akan menjadi tren di dunia percetakan ke depan karena bekerja sangat baik pada desain yang unik dan dramatis. Seiring dengan tren yang berkembang saat ini, dimana kebebasan berekspresi memadupadankan warna, bentuk, grafis, gambar dan sebagainya semakin diminati terutama kawula muda, permintaan pada produk sublim diperkirakan akan meningkat.

Metode sublim ini pada dasarnya bisa diterapkan di substrat tekstil maupun non-tekstil. Kain yang digunakan harus 100% polyester atau terbuat dari setidaknya 2/3 polyester. Kaos jersey adalah salah satu item paling populer yang menggunakan teknik sublim. Hampir setiap komunitas memiliki semangat dan kebanggaan, yang mana seragam seperti kaos jersey yang mencantumkan logo atau slogannya menjadi item yang penting sebagai identitas. Apalagi jika jersey itu bisa dipersonalisasi dengan nama, nomor atau hal lain yang lebih personal untuk anggotanya. Pencetakan sublimasi cocok untuk pesanan yang sifatnya bisa dipersonalisasi sesuai keinginan atau custom, dengan kualitas cetakan yang maksimal dan proses yang cepat.

Selain kaos jersey, ada banyak sekali item berbahan kain lain yang bisa disublimasi seperti kaos kaki, topi, hijab/jilbab, bantal, kaos sepeda, bendera, taplak meja, kemeja, totebag, dan sebagainya.

Nah, untuk substrat non-tekstil atau yang tidak bisa ditekuk seperti kain, banyak pula objek yang bisa diolah dengan polimer sehingga bisa disublim, seperti kaca, plastik, fiberglass, dan aluminium. Teknik ini juga digunakan oleh bisnis yang menjual item-item dekoratif seperti ubin lantai keramik untuk kamar mandi, dapur, restoran, kantor dan sebagainya. Merchandise seperti mug, tumbler, gantungan kunci, dan pin juga masuk dalam daftar. Tak ketinggalan, sublimasi bagus digunakan untuk mereproduksi foto berkualitas tinggi di atas atas kanvas, magnet, pakaian, dan sebagainya.

Jika kamu ingin berinvestasi pada mesin printing kain, Binterjet menyediakan beragam opsi yang bisa kamu lihat spesifikasinya di situs www.Binterjet.com atau menghubungi Marketing Binterjet. Beragam mesin sublim epson tersedia untuk menunjang pekerjaanmu. Jika artikel ini bermanfaat, jangan  lupa share ke teman-temanmu juga ya, semoga bisa menambah informasi dan referensi seputar digital printing.

Related Post

Leave a Comment

Find Offline Location

Headquarter Duren No. 148, Baturan, Karanganyar, Central Java, Indonesia

Branch Wiratno No. 7B, Dukuh Sutorejo, Surabaya, East Java, Indonesia

Branch Pilar Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, West Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia

Branch Ruko Bizz Park, Taman Kopo Indah 2 No. 17, Margaasih, Bandung, West Java, Indonesia

 

Official Marketplace

Sales@binterjet.com