Teknik Sablon Sublimasi

Keunggulan Teknik Sablon Sublimasi, Kondisi industri yang sudah masuk ke era 4.0 memang meminta kita untuk terus berinovasi dalam setiap industri. Termasuk dalam industri printing saat ini, yang dulu menggunakan sablon secara manual. Dan sekarang sudah berinovasi dengan teknologi yang makin canggih menjadi sablon secara digital.

Sablon digital terdapat berbagai macam teknik yang sering digunakan. Teknik sablon tersebut antara lain, Direct To Garment (DTG), Sublim atau sublimasi, Polyflex, Laser, dan Direct To Tekstil (DTF). Teknik-teknik tersebut pastinya memiliki berbagai macam kelebihan atau keunggulan. Salah satu teknik yang akan dibahas adalah teknik sublim atau sublimasi. Teknik sublim ini dapat mencetak pada berbagai macam media yang kamu gunakan seperti souvenir dan marchandise. Berikut ini apa sih keistimewaan teknik sublimasi.

Mari Simak Keunggulan Teknik Sablon Sublimasi 

Teknik sublimasi merupakan teknik untuk memindahkan gambar dari kertas ke media kain atau kaos dengan heat press. Untuk melakukan proses sablon dengan cara teknik sublimasi ini kamu perlu menggunakan printer dan tinta khusus sublimasi. Apa itu tinta sublimasi? Tinta sublimasi sendiri merupakan tinta waterbased yang mempunyai sifat yang sensitif terhadap suhu. Jadi tinta ini akan berubah menjadi bentuk gas karena adanya pengaruh suhu yang tinggi. Sehingga akan menghasilkan produk yang tahan lama dari pada yang lainnya.

Cara Kerja Dari Teknik Sublimasi 

Nantinya tinta sublim tidak langsung kamu cetak pada bahan kain atau kaos, tetapi melalui proses transfer paper. Dengan suhu yang tinggi dan tekanan tinta sublim akan menyerap ke dalam serat kain tersebut, sehingga tidak akan menghasilkan tekstur timbul atau handfeelnya lembut.

Menggunakan teknik ini akan menghasilkan sablon yang memiliki detail yang bagus dari pada teknik lainnya. Karena dalam teknik ini akan membuat tinta menyerap sampai ke dalam tekstur kain dan akan membuat setiap detail desain kamu menjadi terlihat jelas. Hasil cetak dengan teknik ini akan dapat menghasilkan cetakan yang permanen dan tidak mudah luntur.

Kelebihan 

Berikut ini kelebihan dari menggunakan teknik sublimasi:

  • Sablon sublimasi bisa untuk mencetak kaos dengan full color tanpa batasan warna. Sehingga kamu dapat mencetak untuk berbagai macam desain yang termasuk full color.
  • Hasil dari cetakan tersebut berwarna cerah, memiliki detail yang bagus, memiliki kontras, halus, dan tidak retak. Sehingga kamu akan mendapatkan hasil sablon yang termasuk terbaik.
  • Proses dari produksinya termasuk cepat sehingga akan menghemat waktu kamu. Dengan menggunakan teknik ini, kamu dapat membuat berbagai macam produk dengan cepat dan cocok untuk produksi masal (produksi kaos, mug, dll).
  • Hasil dari cetak tersebut termasuk permanen serta tidak mudah luntur. Karena tinta sablon menyerap pada tekstur kain. Sehingga kamu tidak perlu kawatir ketika kamu mencuci kaos atau desain tersebut.

Karakter Dari Tinta Sublimasi

Berikut ini merupakan beberapa karakter pada tinta sublimasi yang perlu kamu ketahui:

  • Tinta tersebut dapat mencetak pada benda yang keras; seperti benda mug, gelas, keramik, gantungan kunci, dan lain-lain
  • Dapat juga untuk melakukan sablon kaos polyester atau yang khusus untuk warna putih.
  • Merupakan tinta yang praktis, ekonomis, serta efisien. Sehingga akan mempermudah proses sablon kamu, bahkan untuk yang masih awam.
  • Hasil sablon dengan menggunakan tinta ini dapat kamu seterika tanpa perlu khawatir jika nantinya akan robek atau meleleh karena terkenak panasnya seterika.
  • Tinta ini juga tahan terhadap air sehingga ketika kamu cuci tidak akan mudah luntur.
  • Sublimasi dapat kamu gunakan pada media antara lain souvenir, march, benda keras seperti : Mug, Keramik, Gantungan kunci, Logam plat.

Hasil Cetak Dari Teknik Sublimasi

Berikut ini bentuk dari hasil cetakan dengan melakukan teknik sublim

  • Memiliki hasil yang termasuk cerah, detail, halus, dan awet juga. Sehingga dengan menggunakan teknik ini kamu akan mendapatkan produk yang berkualitas tinggi.
  • Dengan menggunakan teknik ini, kamu akan mendaptkan produk yang memiliki keawetan yang bagus. Keawetan dari hasil cetak tersebut juga tergantung pada saat proses press harus benar-benar panas.
  • Kamu akan mendapatkan hasil cetak sablon yang termasuk tahan terhadap air ketika kamu cuci. Selain itu, hasil cetak sablon tidak akan luntur karena tinta sudah menyerap pada teksur kain.

Baca Juga: Pilihan Bahan Baku Digital Printing, Binterjet Punya Solusinya

Penutup

Itulah pembahasan tentang keunggulan teknik sablon sublimasi. Teknik ini memilik keunggulan utama untuk mencetak pada benda yang keras seperti mug, keramik, gantungan kunci, dan logam plat. Hasil cetak dari teknik sublimasi memiliki hasil yang cerah, detail, halus, dan awet. Oleh karena itu teknik ini cocok untuk kamu yang ingin mencetak pada berbagai media yang keras untuk dijadikan souvenir dan marchandise. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

Related Post

2 Comments

Leave a Comment

Find Offline Location

Headquarter Duren No. 148, Baturan, Karanganyar, Central Java, Indonesia

Branch Wiratno No. 7B, Dukuh Sutorejo, Surabaya, East Java, Indonesia

Branch Pilar Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, West Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia

Branch Ruko Bizz Park, Taman Kopo Indah 2 No. 17, Margaasih, Bandung, West Java, Indonesia

 

Official Marketplace

Sales@binterjet.com