kelebihan UV

Binterjet.com – Hai Binterpreneurs! Varnish atau pernis mengacu pada lapisan luar yang diterapkan pada bagian yang dicetak setelah pencetakan. Varnish biasanya ditambahkan ke bagian cetakan yang sudah jadi untuk alasan estetika yaitu untuk meningkatkan kilap dan memberikan tampilan keseluruhan yang lebih baik atau untuk melindungi pencetakan dari keausan karena penanganan atau kontak dengan kelembaban atau bahan kimia.
Varnish yang diaplikasikan ke seluruh permukaan cetakan setelah dicetak disebut varnish overprint. Sedangkan varnish yang diterapkan hanya pada bagian tertentu dari permukaan yang dicetak, terutama untuk alasan estetika (seperti pada sampul buku) disebut varnish spot. Jika varnish ditambahkan sebagai pelapis setelah pencetakan, penting untuk memastikan bahwa formulasi varnish kompatibel dengan tinta, karena dapat terjadi bleeding dan cacat pencetakan lainnya.
Menambahkan sentuhan kemewahan pada produk yang kamu buat dengan varnish tentu akan menambah nilai jual produkmu. Apalagi jika itu sekaligus bisa melindungi produk itu dari keausan karena pemakaian sehari-hari. Misalnya saja produk seperti katalog, brosur dan majalah, tampilannya tentu akan lebih menonjol jika diberi sentuhan ini. Varnish UV adalah jenis varnish khusus yang menggunakan mesin pengering ultraviolet (UV). Varnish UV menciptakan hasil akhir yang lebih mewah dan lebih jelas dibandingkan dengan varnish non-UV. Hasil ini tentu akan membuat tampilan produkmu lebih profesional. Ada berbagai pilihan varnish UV seperti gloss, matt, dan satin.
Varnish UV dapat diaplikasikan di seluruh area yang dicetak atau hanya pada area tertentu dan prosesnya cepat dan efisien. Saat diaplikasikan, varnish UV ini memberikan tampilan yang lebih bagus di produk-produk cetak lainnya misalnya buku, kartu nama, dan kartu pos. Varnish UV jug bisa mencegah hasil cetakan dari noda. Varnish UV bekerja sangat baik untuk die cutting, embossing dan foil stamping, terutama untuk sampul buku dan produk kertas lainnya.
Varnish UV juga memiliki kelebihan lain seperti ramah lingkungan. Lapisan UV bebas dari pelarut dan tidak memancarkan senyawa organik yang mudah menguap atau VOC. Kertas dengan lapisan UV juga dapat didaur ulang dengan semua kertasmu yang lain. Waktu pengeringan dengan paparan sinar UV juga cepat, sehingga varnish UV membantu mengurangi waktu produksi, memungkinkan waktu pengiriman dan pengiriman lebih awal.
Untuk menunjang usaha digital printingmu, terutama bagi kamu yang ingin menggunakan mesin varnish UV, Binterjet menawarkan berbagai tipe mesin yang spesifikasi lengkapnya bisa kamu lihat di laman www.binterjet.com. Tak hanya mesin, Binterjet juga menyediakan bahan-bahan yang menunjang usaha digital printingmu seperti tinta, mesin cutting sticker, PET Film dan sebagainya. Jangan ragu untuk menghubungi Marketing Binterjet untuk info lebih lanjut. Dan jangan lupa juga share artikel ini jika kamu rasa bermanfaat, semoga bisa menambah referensi seputar digital printing!

Related Post

359 Comments