Ini Dia, Kelebihan Tinta UV

kelebihan tinta uv

Binterjet.com – Hai Binterpreneurs! Kali ini kita akan membahas tentang apa kelebihan dan kelemahan dari tinta UV. Tinta ini makin populer karena ada kekhawatiran tentang lingkungan dan kesehatan operator percetakan. Kemajuan teknlogi dengan menggunakan metode curing UV ini seperti menjadi sebuah solusi.

Tinta UV bekerja dengan memanfaatkan sinar ultraviolet untuk mengeringkan tinta. Sinar UV adalah produk dari matahari dan dalam jumlah yang sangat kecil tidak berbahaya. Komponen utama dari tinta UV adalah resin akrilik yang dapat difotopolimerisasi. Resin fotosensitif utama dicampur dengan fotoinisiator, pigmen dan aditif. Ketika terkena sinar UV, resin fotosensitif mengalami reaksi fotopolimerisasi untuk membentuk film tinta yang keras.

Berikut beberapa kelebihan tinta UV:
1. Lebih baik untuk lingkungan. Seluruh sistem pengeringan UV bebas VOC. Tidak ada emisi berbahaya yang dilepaskan. Metode ini tidak memerlukan sistem pembuangan selama proses pengawetan dan tidak menimbulkan risiko kesehatan atau keselamatan bagi operator percetakan.
2. Hemat energi. Metode pengeringan dengan UV memungkinkan penghematan energi yang sangat signifikan. Banyak sistem pengeringan membutuhkan panas langsung yang menghabiskan banyak energi. Metode curing UV hanya membutuhkan lebih sedikit, yakni hanya listrik untuk menyalakan lampu. Selain itu juga tidak perlu menambahkan pengering di akhir pengepresan. Beberapa mesin cetak heatpress memerlukan pengering udara panas yang sangat lama.
3. Tingkat gloss lebih tinggi. Proses pencetakan pada umumnya memang dapat mencapai hasil akhir yang mengkilap, terutama pada kertas berlapis. Namun tingkat gloss dengan menggunkan tinta UV jauh lebih tinggi. Oleh karena itu banyak pengiklan yang menggunakan tinta ini untuk kebutuhan cetaknya karena terlihat lebih profesional.
4. Kecepatan produksi lebih cepat. Proses curing berlangsung sangat cepat sehingga tentu akan menjadi nilai plus baik dari sisi operator maupun customer. Kecepatan ini memungkinkan semakin banyak produk bisa dikerjakan dalam waktu singkat.
Meski begitu, tinta UV juga memiliki kekurangan seperti kemungkinan terjadinya iritasi kulit saat menangani tinta, sehingga jangan biarkan tinta bersentuhan dengan kulit.
Untuk menunjang kebutuhan digital printing Anda, selain menjual printer UV, Binterjet juga menyediakan bahan-bahan baku seperti tinta UV. Jangan ragu untuk berkomunikasi dengan Marketing Binterjet untuk mendapatkan penawaran terbaik. Jangan lupa bagikan juga artikel ini jika Anda rasa bermanfaat, semoga bisa menjadi referensi seputar digital printing

BACA JUGA  Mau Cetak Banner? Yuk Kenali Dulu Jenis-jenisnya

3 komentar untuk “Ini Dia, Kelebihan Tinta UV”

  1. эпимедиумная паста +для +чего применяют мужчины – эпимедиумная паста турция, эпимедиумная паста +для +чего применяют мужчины

  2. (4/5)

    I ҝnow tһis web ρage ցives quality dependent articles аnd extra
    inf᧐rmation, is therе any other website wһich presents tһese kinds οf stuff
    in quality?

    mʏ page :: find roof leaks, https://raindrop.io/hyarisdypf/bookmarks-28527132,

Tinggalkan Komentar

Please rate

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Home
Chat
Store
Search