UV printing

Binterjet.com – Hai Binterpreneurs! Mungkin sebelumnya kalian pernah mendengar tentang salah satu teknik pencetakan yang disebut UV Printing. Kali ini kita akan membahas tentang apa pengertian UV Printing beserta keunggulannya. Pada dasarnya, UV Printing adalah metode pencetakan dengan menggunakan sinar ultraviolet (sinar UV) untuk mengeringkan (meng-curing) tinta dengan cepat. UV Printing ini mengacu pada proses pencetakan komersial yang menggunakan teknologi pengawetan ultraviolet.

UV Printing melibatkan tinta khusus yang telah diformulasikan agar cepat kering saat terkena sinar ultraviolet (UV). Saat kertas atau media lain melewati mesin cetak dan menerima tinta basah, kertas tersebut langsung terkena sinar UV. Karena sinar UV mengeringkan aplikasi tinta secara instan, tinta tidak memiliki kesempatan untuk meresap atau menyebar. Oleh karena itu, gambar, teks atau desain lain yang dicetak hasilnya akan lebih tajam dan detail.

Nah, berikut beberapa keunggulan dari UV Printing:

  1. Pencetakan dengan UV Printing menghasilkan gambar yang lebih tajam dan lebih hidup. Ini karena tinta mengering dengan begitu cepat. Tidak ada kesempatan tinta untuk menyebar atau menyerap ke dalam substrat. Tinta langsung menjadi kering begitu keluar dari press.
  2. Serbaguna. Metode ini bekerja dengan sangat baik di berbagai bahan seperti substrat kertas dan non-kertas. UV Printing ini sangat baik untuk bahan kertas sinteris, sehingga cocok untuk membuat barang seperti peta, papan daftar menu, papan penanda, dan barang-barang yang tahan lembab lainnya. Meski begitu, bahan lain juga bisa dipakai dengan metode ini seperti plastik, foil, logam, dan lainnya dengan daya serap rendah.
  3. Tinta yang di-curing dengan UV tahan terhadap goresan dan tidak mudah memudar.
  4. Hasil cetakan memiliki kilau yang bagus, hanya membutuhkan sedikit varnish.
  5. Proses pencetakan UV lebih ramah lingkungan karena tinta berbasis UV bukan solvent-based, sehingga tidak ada zat berbahaya yang menguap ke udara sekitar dan aman bagi operator.
  6. Opasitasnya bagus. Hasil  cetak tetap bersih, jelas dan mudah dibaca.
  7. Tinta UV dapat menangkap dan memantulkan cahaya, yang juga membantu meningkatkan keterbacaan.
  8. Tahan noda. Tinta biasa mungkin kotor dan terlihat tidak sedap dipandang dan tidak profesional, tinta UV adalah sebaliknya.
  9. Hemat waktu. Karena Pencetakan UV memiliki kecepatan curing yang cepat dan produk cepat kering, sehingga dapat segera memasuki langkah berikutnya. Metode ini mengurangi waktu tunggu antar proses dan meningkatkan efisiensi kerja.

Karena memiliki berbagi kelebihan, printer UV banyak diminati para pengusaha digital printing. Binterjet sebagai penyedia mesin-mesin digital printing juga menjual printer UV dalam berbagai tipe yang bisa menunjang usahamu, yang spesifikasi lengkapnya bisa kamu lihat di www.binterjet.com. Jangan ragu untuk menghubungi Marketing Binterjet untuk mengetahui lebih lanjut seputar mesin ini dan jangan lupa juga share artikel ini ke teman-temanmu jika kamu rasa bermanfaat, have a nice day!

Related Post

2025 Comments