kelebihan dan kekurangan printing sublim

Binterjet.com – Hai Binterpreneur! Kali ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan pencetakan sublimasi atau sublim. Pencetakan sublim adalah teknik yang memungkinkan desain atau gambar ditransfer ke benda kaku atau kain polyester. Metode ini sangat menarik karena prosesnya yang mudah, investasi awal yang relatif rendah, dan berbagai macam produk yang bisa dihasilkan dengan teknik ini. Proses sublimasi terdiri dari dua langkah sederhana yakni desain dicetak pada kertas transfer khusus di mesin printing kain menggunakan tinta khusus. Ini adalah tinta berbasis air yang memiliki dampak lingkungan yang lebih kecil daripada tinta kimia yang lebih keras. Setelah itu, transfer disejajarkan dengan kain dan kombinasi panas dan tekanan (heat press) diterapkan. Ini menyebabkan tinta bertransisi dari bentuk padat menjadi gas. Teknik ini ini menawarkan banyak kelebihan, diantaranya:

  1. Ada banyak item yang bisa disublimasi. Selain produk-produk tekstil seperti kaos jersey, kaos kaki, custom tas nylon, sepatu, hijab/jilbab, totebag, bendera, taplak meja, bantal, kaos sepeda, teknik ini adalah salah satu dari sedikit teknik yang memungkinkan pencetakan pada permukaan yang kaku (non-tekstil) seperti mug, tumbler, kayu, papan foto dan tumbler.
  2. Menawarkan rentang warna yang tidak terbatas. Kamu bisa mendapatkan ribuan warna berbeda dengan menggunakan tinta. Jika kamu menggunakan mesin Binterjet dengan tipe pada mesin BJET Igo 2x-Stabilo Sublim, ada tambahan pada tinta special yaitu fluo magenta dan fluo yellow
  3. Tidak ada biaya tambahan saat menambahkan warna baru ke desainmu. Itulah mengapa teknik ini adalah pilihan yang baik untuk mencetak desain full color. Tinta menembus ke dalam serat bahan dan secara permanen terikat pada serat. Hasil cetakan sublimasi ini memberikan detail yang cerah, tajam dan pada desain yang rumit sekalipun.
  4. Hasil cetakan memungkinkan tinta dapat menyerap ke pori-pori material secara maksimal, sehingga hasilnya tidak terlalu mencolok saat disentuh, anti gores dan tidak akan kehilangan warnanya.
  5. Tidak ada minimum cetak. Kamu bisa membuat kaos satuan tanpa minimum order, sehingga desain bisa berbeda satu dengan yang lain. Pencetakannya juga mudah dan cepat, sehingga menghemat waktu.

Meski begitu, teknik sublim ini juga memiliki kekurangan, seperti:

  1. Kain yang digunakan harus 100% polyester atau terbuat dari setidaknya 2/3 polyester. Untuk substrat non-tekstil, hanya item yang memiliki lapisan polyester khusus saja yang dapat digunakan.
  2. Item sublimasi harus memiliki area cetak putih atau berwarna terang. Permukaan hitam atau berwarna gelap tidak dapat disublimasikan.
  3. Seperti semua printer inkjet, printhead mungkin tersumbat jika tidak sering digunakan. Untuk itulah disarankan untuk tetap menghidupkan printer setiap saat.

Jika kamu ingin berinvestasi pada mesin printing kain, Binterjet menawarkan berbagai opsi, yang bisa kamu lihat spesifikasinya di situs www.Binterjet.com atau menghubungi Marketing Binterjet. Jika artikel ini bermanfaat, jangan  lupa share ke teman-temanmu juga ya, semoga bisa menambah informasi dan referensi seputar digital printing

Related Post

7 Comments

Leave a Comment

Find Offline Location

Headquarter Duren No. 148, Baturan, Karanganyar, Central Java, Indonesia

Branch Wiratno No. 7B, Dukuh Sutorejo, Surabaya, East Java, Indonesia

Branch Pilar Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, West Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia

Branch Ruko Bizz Park, Taman Kopo Indah 2 No. 17, Margaasih, Bandung, West Java, Indonesia

 

Official Marketplace

Sales@binterjet.com