Hai Binterpreneurs! Sebelum kita membahas tentang bagaimana pencetakan dengan teknik sublim, ada baiknya kita ketahui dulu bagaimana gambaran dari teknik sublimasi ini. Metode printing sublim atau transfer paper printing adalah sebuah metode percetakan dari gambar digital berupa file di komputer yang bisa langsung dicetak ke berbagai media termasuk kain menggunakan sebuah mesin printer sublim dan tinta yang khusus pula. Metode teknik sublim ini juga bisa diaplikasikan ke media lain. Selain bahan yang mengandung polyester seperti jersey, kamu juga bisa mengaplikasikannya ke bahan yang sudah tercoating, artinya sudah ada lapisan penutup yang diaplikasikan pada permukaan suatu benda agar tinta sublim dapat terserap dengan maksimal, seperti pada mug dan kayu.

Cara mencetak dengan mesin sublim ini menggunakan kertas transfer paper Roll To Roll. Kertas itu dirolling di atas bahan kain yang ingin kamu sublim. Teknik pembuatan kaos ini tidak dicetak langsung ke bahan kaosnya, sehingga kualitas dan kekuatan kaos sangat ditentukan oleh jenis tinta yang kamu pakai, jenis transfer paper atau kertas sublim yang kamu gunakan dan kekuatan mesin heat press yang kamu pakai. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memilih mesin printer sublim, kertas sublim maupun heatpress yang mumpuni, sehingga hasil cetaknya maksimal.

Nah, bagi kamu yang ingin menggunakan teknik sublim pada usaha kaos, maka kamu perlu menyiapkan kaos berbahan polyester, desain atau gambar yang ingin kamu sablon, mesin printer sublim, serta alat-alat pendukungnya yakni kertas sublim, tinta khusus sublim dan heat press. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat desain atau gambar sesuai yang kamu inginkan, kemudian cetak desain tersebut pada kertas sublim dengan printer yang menggunakan tinta sublim.

Kertas sublim ini adalah media sementara untuk menampung tinta. Kertas sublim dipanaskan bersamaan dengan kain menggunakan alat heat press, sehingga tintanya menguap (sublimasi) dan berpindah menempel di kain. Saat meletakkan pastikan posisinya sudah sesuai. Tinta yang digunakan berbasis air (waterbase). Tinta ini akan berubah menjadi gas dibawah pengaruh panas. Mesin printer sublim ini akan memberikan hasil maksimal jika kain yang digunakan mengandung polyester, misalnya jersey, scuba, dan satin. Ini karena tinta yang digunakan pada mesin sublim adalah tinta dye-sublimation, yang hanya bisa  digunakan hanya untuk kain dengan kandungan polyester.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang kertas sublim. Yang pertama sebaiknya gunakan kertas yang memiliki daya serap tinta yang tinggi dan cepat kering. Yang kedua kertas tidak boleh bergelombang ketika ditimpa tinta sublim saat proses pencetakan sedang berlangsung. Langkah lain yang perlu diperhatikan adalah pengepresan dengan mesin hotpress. Mesin ini berfungsi memindahkan grafis dari kertas sublim ke kain dengan metode pemanasan (heat) dan penekanan (press). Suhu yang digunakan biasanya 150 derajat Celcius dengan waktu 10-15 detik. Setelah itu lepaskan dengan hati-hati.

Binterjet sebagai penyedia mesin-mesin digital printing berkualitas dan terpercaya menyediakan beragam pilihan mesin printer sublim yakni BJET iGO – 1X, BJET iGO – 1X Stabilo Sublim, BJET iGO – 2X, BJET iGO – 2X Stabilo Sublim, BJET iGO – 3200, BJET RJ – 3200 – 2H, BJET RJ – 3200 – 4H, BJET RJ – 3200 – 8H, dan BJET iGO – F4, Produk-produk Binterjet sudah dilengkapi dengan garansi, training, dan after sales support, sehingga kamu tidak perlu khawatir dalam berinvestasi. Binterjet juga menawarkan software Wasatch yang bisa memberikan tingkat akurasi warna yang  tinggi.

Related Post

Leave a Comment

Find Offline Location

Headquarter Duren No. 148, Baturan, Karanganyar, Central Java, Indonesia

Branch Wiratno No. 7B, Dukuh Sutorejo, Surabaya, East Java, Indonesia

Branch Pilar Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, West Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia

Branch Ruko Bizz Park, Taman Kopo Indah 2 No. 17, Margaasih, Bandung, West Java, Indonesia

 

Official Marketplace

Sales@binterjet.com