apa itu sablon dtf

Hai Binterpreneurs! Teknologi sablon terus berkembang. Salah satu metode yang sedang banyak dibicarakan pebisnis sablon saat ini adalah sablon dengan mesin sablon DTF.

DTF artinya adalah Direct to Film, yang berarti langsung dicetak pada kertas film. Sebelum dicetak di kaos, desain dicetak dulu pada jenis kertas film. Nantinya kertas itu ditempel pada kaos kemudian dipanaskan dengan heatpress atau mesin press kain.

Mesin DTF mampu mencetak desain dengan ukuran A4, A3, dan A5. Kertas film (transfer paper film) yang digunakan berbentuk roll dengan beragam ukuran. Tinta yang digunakan adalah tinta pigment yang warnanya tetap tajam sekalipun dicuci dan disikat. Tinta ini adalah tinta generasi terbaru yang menggunakan polymer binder berteknologi nano. Tinta ini aman, lebih cepat kering dan tidak berbau. Selain itu, dibutuhkan pula powder atau tepung (bubuk perekat sablon) atau adhesive powder dalam proses sablon DTF.

bjet igo 1x
bjet igo 1x

Untuk mencetak kaos dengan teknik ini, kamu harus menyiapkan file dengan format PNG atau TIF. Gunakan software rip untuk mencetaknya. Jika kamu menggunakan printer DTF Binterjet, maka kamu bisa mendapat software Wasatch dengan tingkat akurasi warna yang tinggi. File itu nantinya akan dicetak pada mesin printer DTF dengan tinta pigment yang dapat mencetak warna yang solid, tajam dan jernih.

Teknik cetak DTF harus dimirror (dibalik) dan 1 phase atau print color harus segera ditimpa tinta putih (white ink). Hasil cetak tersebut kemudian dilumuri dengan powder atau tepung (bubuk perekat sablon) secara merata, yang kemudian di-hotgun supaya bubuk itu meleleh dan merekat dengan tinta putih. Setelah itu, siapkan kaos yang siap dipress di mesin heatpress. Sablon DTF ini bisa diaplikasikan untuk semua media kain yang tahan panas, diantaranya cotton combed, cotton carded, kanvas, TC dan Polyester. Pilihan kain yang beragam ini tentu akan semakin menambah variasi bisnismu.

Untuk pengepressan ini kertas film sebaiknya ditutupi dengan kain teflon agar hasilnya maksimal. Mesin heatpress sendiri berfungsi menempelkan hasil sablon ke atas permukaan kain kaos. Temperatur yang disarankan saat proses heatpress adalah 165 derajat Celcius dalam 10 detik saja. Setelah itu kelupas hasil press tersebut dan lakukan pengepressan kedua dengan temperatur dan waktu yang sama seperti sebelumnya.

bjet rj3200
bjet rj3200

Sablon dengan metode DTF ini memiliki banyak kelebihan, seperti proses produksinya yang lebih cepat. Kecepatan produksi seperti ini tentu akan menjadi poin plus bagi kamu. Ini karena teknik sablon DTF adalah “No Cut No Weed” atau proses sablon dilakukan secara langsung tanpa perlu lagi melakukan step cutting dan weeding.

Kelebihan lain adalah hasil sablon kuat, warnanya solid (bisa fullcolor), tajam dan anti retak. Salah satu kendala dalam sablon adalah retak-retak. Dengan bantuan powder atau tepung (bubuk perekat sablon) dalam teknik sablon DTF, masalah ini bisa kamu hindari. Kualitas warna sablon kaos juga memiliki kesan lebih glossy, gimana, mantep kan? Hasil sablon kaos DTF juga tidak cepat pudar warnanya karena menggunakan tinta pigment yang warnanya tetap tajam sekalipun dicuci dan disikat. Sablon DTF pun aman dan tahan ketika disetrika.

Penyablonan dengan metode DTF juga sangat cocok untuk kamu yang butuh logo-logo kecil dan di area yang sulit dijangkau. Selain itu, jika kamu memerlukan desain yang relatif lebih kecil dari biasanya, tinggal diprint saja kemudian dicutting sesuai yang kamu inginkan. Kemudahan inilah yang membuat metode DTF cocok untuk usaha kaos custom, karena bisa dengan mudah mengikuti request customer. Tidak semua customer memerlukan desain yang fullcolor, ada kalanya mereka menginginkan desain yang simple, kecil dan ada di area tertentu saja.

Hasil sablon DTF ini juga elastis dan lebih kuat sekalipun ditarik berkali-kali. Ini karena proses cetak sablon DTF memakai teknik transfer paper film sehingga memiliki ketahanan yang baik. Teksturnya juga halus saat diraba, tidak tebal dan nyaman saat dipakai, wuihh~

Binterjet sebagai penyedia mesin-mesin digital printing berkualitas dan terpercaya menyediakan beragam pilihan mesin DTF seperti DTF HYASIMA – DTG7545, HYASIMA – DTG3545 XP600, dan HYASIMA – DTG3545 4720. Binterjet juga menyediakan berbagai peralatan pendukung seperti tinta dan kertas film untuk menunjang usahamu. Produk-produk Binterjet sudah dilengkapi dengan garansi, training, dan after sales support, sehingga kamu tidak perlu khawatir dalam berinvestasi. Binterjet juga menawarkan software Wasatch yang bisa memberikan tingkat akurasi warna yang tinggi.

Related Post

Leave a Comment

Find Offline Location

Headquarter Duren No. 148, Baturan, Karanganyar, Central Java, Indonesia

Branch Wiratno No. 7B, Dukuh Sutorejo, Surabaya, East Java, Indonesia

Branch Pilar Raya No. 3, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, West Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia

Branch Ruko Bizz Park, Taman Kopo Indah 2 No. 17, Margaasih, Bandung, West Java, Indonesia

 

Official Marketplace

Sales@binterjet.com